Kementerian Perhubungan telah ditetapkan sebagai salah satu simpul jaringan dari empat belas instansi pemerintah. Melalui Jaringan Data Spasial Nasional dapat dikoordinasikan berbagai aspek spasial seperti data, simpul jaringan, penghubung simpul, unit kliring, meta data, SNI, spesifikasi data spasial.

Untuk mengantisipasi hal tersebut di lingkungan Kementerian Perhubungan telah dibangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Prasarana Transportasi sebagai simpul yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan serta penyajian data baik yang bersifat spasial maupun non – spasial.

Aplikasi peta di atas adalah salah satu contoh layanan peta prasarana transportasi berbasis web yang dipublikasikan oleh Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan. Layer Peta Dasar yang digunakan didapat dari Web Map Service Google inc. Layer Prasarana Transportasi diambil dari layanan Map Service Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang terintegrasi dengan SIG Prasarana Transportasi Kemenhub secara keseluruhan, sehingga data tersebut merupakan data terbaru dan resmi.

Selain layanan peta berbasis web, melalui portal ini, masyarakat maupun instansi lain dapat memanfaatkan layanan Web Map Service yang dapat di-interoperabilitaskan dengan aplikasi lainnya. Portal ini juga merupakan salah satu bentuk partisipasi Kementerian Perhubungan dalam simpul Jaringan Data Spasial Nasional berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 85 Tahun 2007.

Portal ini juga menyajikan data prasarana perhubungan berbentuk tabular seperti data terminal, bandara, pelabuhan dll. Serta data-data statistik secara on-line terkait prasarana transportasi dan beberapa data pendukung terkait. Data-data tersebut berbentuk data tabular, grafik dan spasial.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi tim SIG Prasarana Transportasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia via email.